Tips Menggunakan Semen Instan, Mudah & Anti Ribet

Mortar merupakan istilah yang digunakan untuk semen instan. Keunggulan semen instan sendiri lebih praktis, konsistensi dan kualitas terjamin serta menghemat waktu. Tak heran bila penggunanya semakin meningkat setiap tahun. Dalam mengaplikasiannya Anda perlu mencermati tips menggunakan semen instan dibawah ini terlebih dahulu.

Meskipun memakai standar tinggi dalam pembuatan mortar namun jika pengaplikasiannya keliru maka hasilnya juga tidak maksimal. Dengan memperhatikan langkah pengaplikasian mortar akan meningkatkan kerekatan dan hasil plesteran yang lebih baik. Berikut tips aplikasian semen instan yang mudah dan anti ribet sebagai berikut :

Perhatikan Takaran

Tips menggunakan semen instan yang pertama adalah harus memperhatikan takaran. Anda bisa memakai ember kering untuk mengukur takaran. Sebaiknya sebelum mengisi ember basahi dahulu wadahnya.

Dalam pemilihan ember ada baiknya memakai yang memiliki dasar datar serta tinggi sehingga mudah untuk mencampurkan mortar. Takaran yang tepat untuk mengaplikasikan mortar ini adalah satu adukan dengan bahan dasar semen instan.

Pengukuran sangat penting pula dalam plesteran maupun aci dan beton. Dengan mengukur takaran yang tepat maka hasil kualitas bisa maksimal. Anda pun bisa menghemat biaya dan mengurangi kerugian atas kelebihan mortar.

Baca Juga  Mengenal Jenis-jenis Dan Kegunaan Semen Instan Monas

Takaran antara semen instan dan air memiliki pengaruh terhadap daya tahan bangunan. Tingkat kekerasan juga tergantung dari ketepatan takaran antara air dan mortar. Anda bisa memakai perbandingan semen mortar dan air 2 : 1.

Walaupun begitu tak jarang jenis pekerjaan lainnya mempengaruhi perbandingan tersebut. Sebagai contoh saat memplester dinding kamar mandi. Perbandingan yang digunakan harus lebih besar sebab dinding mudah sekali lembab.

Perbandingan yang cukup dapat membuat dinding anti rembesan atau kebocoran. Dengan begitu dinding tak mudah pula terkena jamur atau lembab.

Jenis Mortal Pengaruhi Ukuran Air

Sebelum memasuki tahapan pencampuran Anda patut memahami kebutuhan mortar yang ingin digunakan. Penggunaan mortar nasional disesuaikan dengan fungsinya. Adapun ukuran air berdasarkan jenis semen instan mortar nasional bisa disimak dibawah ini :

  1. ThinBed

Untuk perekat batu bata ringan ini dengan ukuran 40 kg biasa membutuhkan 9-10 liter air. Satu saknya bisa dipakai untuk memasang batu bata ringan dengan ukuran 10 cm seluas 10 m2 dan tebal semen 3 mm

  1. Plaster Max

Semen ini digunakan untuk plesteran dinding dan setiap 40 kg bisa menggunakan 5.5 liter air.

  1. Skim Coat
Baca Juga  Tips Memilih Semen Mortar untuk Plester

Biasa dipakai untuk pelapisan permukaan dinding beton. Dalam 40 kg dibutuhkan air sebanyak 13-14 liter. Cocok untuk ketebalan 1.5 mm dengan luas dinding 17 m2.

  1. Tile Adhesive

Berguna untuk merekatkan keramik yang setiap 40 kg semennya dibutuhkan 8.5-9.5 liter air.

  1. Tile on Tile Adhesive

Jenis semen ini berguna untuk perekat keramik diatas keramik. Setiap 40 kg dibutuhkan 8.5-9.5 liter air dalam mengaplikasikannya.

Dengan memperhatikan tips menggunakan semen instan berdasarkan kegunaanya maka hasil rekatan akan kuat dan tahan lama.

Perhatikan Pencampuran Mortar

Pencampuran mortar penting untuk diperhatikan agar hasil campuran perekat dengan sempurna.Tips menggunakan semen instan khususnya saat mencampurkan air dan mortar bisa menyimak poin-poin dibawah ini terlebih dahulu :

  • Campur mortar paling tidak 3 menit namun kurang dari 5 menit setelah bahan dimasukan kedalam ember
  • Sebaiknya lipat campuran mortar dari dasar ember kedalam air dengan memakai tangan. Anda bisa menambahkan air hingga tercampur secara merata atau konsistensinya hingga halus
  • Mortar yang bagus sebaiknya digunakan dalam waktu 90 menit lebih dari itu akan hilang sifat lekatnya
  • Apabila mortar mulai mengering ketika hendak digunakan tambahkan air ketika hendak dipasang
  • Hentikan mencampur mortar jika sudah cukup basah. Untuk mengeceknya mudah yakni bila mortar terlepas dari sekop namun tahan bentuknya saat Anda melubangi campuran. Mortar dalam kondisi ini memiliki viskositas yang baik dan dapat digunakan untuk tepian berdiri
  • Bahan anti air bisa ditambahkan bila memang perlu. Anda juga bisa menambahkan plasticizer kimia yang berguna meningkatkan kemampuan kerja pada bahan tersebut.
Baca Juga  Keuntungan Menggunakan Semen Instan Untuk Membangun Rumah

Berikan Perlakuan Khusus

Tips menggunakan semen instan selanjutnya adalah berikan perlakukan khusus saat memakainya. Dalam hal meratakan permukaan lapisan semen ada baiknya memakai roskam. Lebih baik memakai roskam besi ketimbang kayu karena dimensinya cukup presisi.

Tidak lupa cek ketebalan permukaan misalnya saja bahan acian memiliki ketebalan 1-3 milimeter. Perhatikan pula cuaca saat menggunakan mortar tidak dalam kelembaban tinggi. Cuaca mampu mempengaruhi reaksi mortar dan pemasangannya.

Kelembapan udara bisa menurunkan daya rekat mortar itu sendiri. Pastikan saat pengaplikasian cuaca cerah sehingga setelah diaplikasikan mortar cepat kering. Pastikan Anda memakai semen mortar berkualitas seperti semen Mortar Nasional.

Anda bisa memesan melalui email dwi.hermiyati@monas.co.id  atau langsung menghubungi nomor  0815 1045 0580.

Sumber :

https://monas.co.id/

https://monas.co.id/cara-pemakaian-semen-mortar-yang-tepat-dan-benar