Tips Menggunakan Semen Instan Mortar Dengan Benar

Sebagus apapun kualitas semen instan yang digunakan jika dalam pengaplikasiannya tidak tepat maka bangunan yang dihasilkan juga tidak akan maksimal. Melihat pentingnya bagaimana semen dapat diaplikasikan, maka bagi pekerja atau tukang wajib mengetahui bagaimana cara menggunakan mortar agar menghasilkan bangunan yang sesuai dengan keinginan pemilik bangunan.

Menggunakan mortar tentu membutuhkan alat tambahan diantaranya seperti ember atau tempat khusus, cangkul, pelindung kepala, mata dan juga tangan. Selain itu pastikan Anda mengetahui takaran air yang dibutuhkan dalam penggunaan mortar. Dimana jumlah air setiap jenis mortar berbeda-beda sehingga pastikan air yang ditambahkan harus sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Tips Mengaplikasikan Semen Instan Mortar Dengan Benar

Mengapa banyak sekali orang yang lebih memilih semen instan mortar dibandingkan dengan yang konvensional? Hal tersebut dikarenakan banyak sekali kelebihan dari mortar mulai dari kualitas, pengaplikasian yang mudah, dapat lebih hemat dari segi waktu dan juga biaya, tahan terhadap retakan halus dan masih banyak lagi. Semudah apa sih pengaplikasian mortar untuk bangunan? Simak penjelasan lengkap berikut ini:

  • Menyiapkan alat dan bahan
Baca Juga  Mengenal Semen Instan Monas 138 ThinBed

Langkah pertama yang harus diperhatikan jika ingin membuat campuran mortar dengan air yaitu mempersiapkan alat dan juga bahan yang dibutuhkan. Alat-alat yang dibutuhkan diantaranya adalah sekop atau cangkul, tempat atau wadah, pelindung tangan, pelindung kaki, pelindung mata dan juga mulut.

Alat-alat tersebut dibutuhkan untuk mempermudah mencampur mortar dengan air dan pastinya sebagai pelindung diri. Setelah menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan jangan lupa untuk menyiapkan bahan yang dibutuhkan yaitu hanya ada dua bahan mortar dan juga air. Pastikan jumlah air sudah sesuai dengan instruksi yang ada di wadah atau kemasan mortar.

  • Buka kantong mortar

Setelah alat dan bahan sudah disiapkan maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah yaitu membuka kantong mortar. Bagaimana caranya yaitu dengan memotong bagian atas sepanjang lebarnya kemudian angkat kedua ujungnya dan tuangkan ke tempat atau wadah yang digunakan sampai kosong atau sesuai dengan kebutuhan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menuangkan mortal yaitu pastikan Anda melawan arah angin, sehingga mortar yang memang bentuknya serbuk tidak berantakan karena tertiup angin. Selain itu pastikan Anda menggunakan kantong mortar yang belum terbuka karena takutnya jika menggunakan mortar yang terbuka akan mengurangi kualitas dari mortar.

Baca Juga  Tips Menggunakan Semen Instan, Mudah & Anti Ribet

Mengapa ketika mortar terbuka dalam waktu yang lama akan mempengaruhi kualitasnya? Dimana hal tersebut disebabkan karena jika mortar dibuka terlalu lama maka akan membuat mortar menjadi lebih lembab dimana hal tersebut tentu mempengaruhi air yang akan dicampurkan. Lalu seberapa lama batas mortar tetap berkualitas meskipun dalam kondisi terbuka?

Jika memang membuka kemasan mortar maka pastikan tidak lebih dari 90 menit jika Anda menginginkan hasil atau kualitas yang bagus. Karena jika melebihi 90 menit maka sudah pasti akan mengurangi kualitas dan tingkat kerekatan dari mortar itu sendiri.

  • Buat lekukan dan campurkan air

Setelah mortar dituang ke wadah atau tempat yang sudah disediakan maka buat lekukan dan tambahkan air pada lekukan tersebut. Satu hal yang perlu diingat pastikan air yang Anda tambahkan harus sesuai dengan instruksi. Dimana air yang ditambahkan ke dalam semen mortar tidak boleh sembarangan atau sudah ada takarannya, jadi memastikan kelembaban dari mortar juga menjadi perhatian yang penting.

  • Aduk campuran mortar dan air
Baca Juga  Tips Mudah Beli Mortar Instan Secara Online

Setelah mortar dan air yang sesuai takaran sudah siap maka langkah selanjutnya yaitu aduk mortar dan juga air dengan menggunakan cangkul atau sekop secara perlahan sampai merata. Setelah air dan mortar sudah benar-benar merata maka campuran tersebut sudah siap digunakan atau diaplikasikan sesuai dengan fungsi dari mortar.

Ketika mengaplikasikan juga harus benar-benar diperhatikan ketebalannya agar campuran mortar dapat digunakan secara maksimal. Misalkan untuk merekatkan bata ringan maka ketebalan campuran mortar yang digunakan yaitu 3 mm.

Itu adalah beberapa tips yang harus diperhatikan oleh siapapun yang menggunakan semen instan mortar untuk bangunan, sehingga mortar dapat digunakan secara maksimal dan pastinya Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Jadi apakah Anda sudah mantap menggunakan mortar untuk hunian Anda?