Mengenal Jenis-jenis Dan Kegunaan Semen Instan Monas

Membangun rumah atau proyek-proyek konstruksi besar pilihan paling tepat dan cerdas adalah menggunakan semen instan Monas. Mengapa Monas menjadi pilihan tepat dan cerdas? Karena di dalam Monas sudah terdiri dari material bangunan yang sangat lengkap mulai dari pasir, kapur dan zat-zat yang pastinya sangat bermanfaat untuk memperkokoh bangunan.

Menggunakan Monas tidak lagi lelah mengaduk bersamaan dengan material lain seperti pasir dan juga kapur. Cukup dengan ditambahkan air saja Monas sudah dapat digunakan. Sehingga dapat dipastikan penggunaan Monas untuk membangun rumah atau proyek konstruksi besar sudah pasti lebih menguntungkan.

Banyak sekali keunggulan dari produk Monas diantaranya yaitu kemasannya yang sangat praktis, bentuknya bubuk sehingga mudah dicampurkan dengan air dan air yang dibutuhkan juga tidak banyak. Sehingga menggunakan Monas sudah pasti jauh lebih efisien dan hemat air.

Jika Anda bertanya tentang ketahanan Monas, maka Anda tidak perlu ragu lagi karena Monas sudah teruji oleh PUSLITBANG KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM dan PERUMAHAN RAKYAT (PUPR) dengan Nomor Laporan Hasil Uji : 139-B/LHU/Lb-14/2019. Produk Monas sendiri ada beberapa dimana masing-masing mempunyai kegunaan atau pengaplikasian yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu tahu apa saja produk Monas yang ada.

Baca Juga  Apa Saja Jenis-Jenis Mortar?

Jenis-jenis Semen Instan Monas Lengkap Dengan Kegunaannya

Jika ingin membuat bangunan apapun tidak terkecuali rumah wajib tahu dan memastikan material yang digunakan berkualitas. Selain itu masing-masing material mempunyai kegunaan yang berbeda-beda. Dimana Monas juga terdiri dari beberapa jenis dan pastinya kegunaannya juga berbeda-beda. Berikut ini adalah jenis-jenis semen instan Monas lengkap dengan kegunaannya:

Salah satu jenis dari Monas yaitu ThinBed dimana kegunaan dari jenis ini adalah untuk merekatkan batu bata ringan. Jenis ini terbuat dari bahan-bahan pilihan den berkualitas pastinya sehingga daya rekat dari ThinBed tidak dapat diragukan lagi.

Dalam satu sak ThinBed sebanyak 40 kg dan jika digunakan membutuhkan air sebanyak 9 sampai dengan 10 liter air. Untuk 1 sak ThinBed dapat digunakan memasang batu bata ringan seluas 13 m2 dengan ukuran batu bata sebesar 7,5 cm. sedangkan untuk batu bata ukuran 10 cm 1 sak ThinBed akan dapat digunakan pemasangan hingga luas 10 m2.

Jenis Monas selanjutnya yaitu Plaster Max yang diaplikasikan untuk plesteran dinding bangunan. Luas yang diperoleh dinding berbahan batu bata merah dengan bata ringan memiliki perbedaan.

Baca Juga  SEMEN MORTAR MONAS 580, PILIHAN TEPAT UNTUK KERAMIK YANG LEBIH KUAT

Untuk dinding yang terbuat dari batu bata merah satu sak dari Plaster Max dapat diaplikasikan pada dinding dengan luas 1,8 m2. Sedangkan dinding yang dibangun dari bata ringan maka 1 sak Plester Max dapat diaplikasikan pada dinding dengan luas 2 m2.

Skim Coat merupakan salah satu jenis Monas yang berfungsi untuk melapisi permukaan dinding. Dinding yang seperti apa yang bisa menggunakan Skim Coat? Dinding yang bisa menggunakan Skim Coat yaitu dinding yang terbuat dari plesteran dan juga beton.

Dalam satu sak Skim Coat yaitu yang berisi 40 kg dapat diaplikasikan pada dinding seluas 17 m2 dengan ketebalan 1,5 mm. lalu seberapa banyak air yang dibutuhkan untuk menggunakan dalam satu sak Skim Coat? Untuk 1 sak Skim Coat membutuhkan air sebanyak 13-14 liter.

Setelah membahas jenis Monas yang digunakan untuk dinding selanjutnya yaitu jenis Monas yang digunakan untuk lantai dan juga dinding yaitu Tile Adhesive. Tile Adhesive digunakan untuk merekatkan keramik baik yang difungsikan untuk lantai maupun untuk dinding.

Baca Juga  Tips Mudah Beli Mortar Instan Secara Online

Satu sak Tile Adhesive yang berisi 40 kg dapat diaplikasikan untuk merekatkan keramik lantai maupun dinding dengan luas 8 m2. Dimana ketebalannya yaitu sekitar 3 mm, sedangkan air yang dibutuhkan untuk satu sak Tile Adhesive yaitu sekitar 8,5 sampai dengan 9,5 liter.

Jenis Monas yang terakhir adalah Tile on Tile Adhesive yang digunakan untuk merekatkan keramik diatas keramik baik untuk lantai maupun dinding. Satu sak Tile On Tile Adhesive yang berisi 40 kg dengan ketebalan pengaplikasian 3 mm akan menghasilkan lantai maupun dinding seluas 8 m2.

Berapa sih air yang dibutuhkan untuk satu sak Tile on Tile Adhesive? Untuk satu sak Tile on Tile Adhesive yang berisi 40 kg membutuhkan air sebanyak 8,5 sampai dengan 9,5 liter. Sehingga menggunakan produk semen instan Monas baik Tile on Tile Adhesive, Tile Adhesive, Skim Coat dan jenis yang lainnya sangat menguntungkan dan hemat air.