Semen instan Mortar Nasional

Keuntungan Menggunakan Semen Instan

Menggunakan semen instan sebagai bahan bangunan kini menjadi pilihan. Semen yang memiliki nama lain mortar ini mampu menghasilkan kekuatan dan ketahanan yang lebih kuat dibandingkan dengan menggunakan semen konvensional.

Selain memiliki kualitas yang lebih baik dari semen konvensional, mortar juga lebih hemat dalam penggunaannya sehingga tidak membutuhkan banyak waktu dan dapat menghemat anggaran.

Hal ini dikarenakan sifat pembuatan adonannya, tidak perlu menambahkan pasir dan hanya perlu menggunakan air sesuai kadar yang dibutuhkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa perbandingan antara semen konvensional dan semen instan, antara lain:

Lebih Praktis

Dalam menggunakan semen instan, Anda hanya perlu menambahkan air dalam jumlah tertentu kemudian diaduk hingga rata.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membeli pasir dan semen secara terpisah, sehingga Anda akan memiliki jeda waktu antara proses pembuatan bata, plesteran, plesteran, dan pengecatan.

Jaminan Kualitas Bahan Baku dan Konsistensi Kualitas Bahan

Mortar sendiri terdiri dari bahan baku yang telah melalui proses quality control dengan standar yang tinggi. Dalam pembuatannya, semen ini menggunakan mesin untuk menghasilkan campuran yang homogen sesuai dengan komposisi yang direncanakan.

Hal ini tentunya akan sangat berbeda dengan mortar semen tradisional dengan takaran konvensional, sehingga terkadang hasilnya tidak sama dengan yang lain.

Hemat Waktu dan Biaya

Dalam proses pembuatannya, pencampuran mortar semen juga dapat dilakukan lebih cepat sehingga tidak membutuhkan banyak bahan lain untuk membuat lapisan dinding. Manufaktur otomatis yang lebih efisien berkontribusi besar terhadap penghematan biaya lebih lanjut.

Sehingga akan mempersingkat waktu pembangunan dan akan mengurangi biaya untuk membayar tukang yang mengerjakan.

Perekat yang Lebih Tinggi

Jika digunakan sebagai perekat keramik atau nat, semen instan memiliki data daya rekat yang lebih tinggi dan mampu menopang beban yang diterima oleh dinding.

Baca Juga  Tips Memilih Semen Mortar untuk Plester

Jadi ada baiknya jika Anda ingin mendekorasi dinding menggunakan keramik atau mozaik, maka Anda bisa menggunakan semen instan sebagai perekat dan nat.

Tentu saja, kelebihan semen instan sebagai bahan bangunan sangat banyak, sehingga dapat membantu Anda dalam efisiensi pembangunan rumah Anda. Dengan menghemat waktu dan uang, Anda bisa langsung menempati rumah impian Anda.

Dengan kualitas yang di tawarkan semen instan, maka anda tidak akan rugi jika memilih semen instan sebagai bahan bangunan yang anda gunakan.

Demikian ulasan mengenai keunggulan semen instan dibandingkan dengan semen konvensional. Pemilihan semen semua tergantung dengan kebuuhan serta budget yang anda miliki. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

Perbandingan Semen Instan Mortar dan Semen Biasa untuk Bata Ringan

Belakangan ini di daerah tempat tinggal saya penggunaan bata ringan semakin banyak. Saya lebih suka bahwa penggunaan bata ringan ini erat kaitannya dengan kondisi cuaca di daerah kita yang hujannya lebih banyak daripada cuaca yang cerah.

Karena sangat wajar apabila masyarakat saat ini memncari semen yang sangat mudah di gunakan dan tidak membutuhkan proses yang rumit.

Hal ini juga terkait dengan penggunaan batu bata merah yang tentunya akan memakan waktu lebih lama.

Sehingga dengan kondisi cuaca yang tidak menentu akan menambah biaya pemasangan batu bata.

Berbeda dengan bata ringan, yang dapat dibangun dengan sangat cepat, dan juga membutuhkan jumlah perekat (spesies) yang lebih sedikit dibandingkan bata merah biasa. Hal ini dikarenakan ukuran bata ringan jauh lebih besar, sehingga bisa dilakukan.

Baca Juga  Mengenal Jenis-jenis Dan Kegunaan Semen Instan Monas

semen instan

Walaupun sebenarnya sudah banyak yang mengetahui bahwa kualitas kekuatan batu bata ringan tidak sekuat batu bata. Namun dengan kondisi cuaca yang semakin sulit diprediksi seperti sekarang ini, sepertinya masalah listrik terabaikan.

Sebenarnya penggunaan bata ringan bisa dibilang lebih murah dibandingkan bata merah biasa, jika dilihat dari segi waktu dan biaya pemasangan, selain dari jumlah jenis yang meleleh (campuran perekat antar bata) tentunya.

Selain menggunakan mortar semen dan pasir biasa, sebenarnya dalam pemasangan bata ringan kita dianjurkan untuk menggunakan mortar semen, yaitu semen khusus yang digunakan sebagai perekat untuk bata ringan (spesies).

Dengan menggunakan semen instan maka tidak perlu di campur dengan pasir dan bisa langsung di gunakan untuk merekatkan bata ringan.

Manfaat Lain Semen Instan

Semen instan mengandung banyak aditif berkualitas yang membantu semen untuk mendapatkan daya rekat yang lebih kuat sehingga bangunan menjadi lebih kuat. Tak heran jika semen instan sangat banyak dijumpai pada pembangunan gedung bertingkat.

Selain itu, campuran homogen yang lebih baik membuat hasil akhir semen instan lebih halus, estetis, dan rapi jika dibandingkan dengan menggunakan semen biasa.

Campuran homogen pada semen instan juga mampu meminimalisir kemungkinan munculnya retakan rambut dan retakan lainnya yang sering dijumpai pada campuran semen biasa yang tidak maksimal.

Adapun cara pemakaiannya, mortar semen hanya perlu dicampur dengan air biasa. Kemudian mortar semen siap digunakan untuk merekatkan bata ringan.

Beberapa waktu lalu, seorang teman yang merupakan supplier mortar semen, mengirimkan harga mortar semen ke saya, hanya saja tidak dicantumkan nama merek mortar semennya.

Harganya Rp. 70 rb/karung, dan berat satu sak mortar semen adalah 40 Kg. Sedangkan pembelian minimal 50 karung.

Baca Juga  SEMEN MORTAR MONAS 580, PILIHAN TEPAT UNTUK KERAMIK YANG LEBIH KUAT

Tetapi teman saya ini mengatakan bahwa jika semen tidak laku sampai tiga bulan, dan semennya mengeras atau membeku, maka semen tersebut bisa dikembalikan.

Sebenarnya penggunaan mortar semen bisa lebih ringkas lagi, karena tidak memerlukan pencampuran dengan pasir. Namun jika dibandingkan dengan harga semen biasa, misalnya, semen Gresik yang kini dibanderol Rp. 37 rb/karung, (satu karung beratnya 40 Kg).

Jadi, menurut saya masih agak sulit untuk menjual mortar semen di daerah sekitar tempat tinggal saya.

Semenmortar atau semen instan dengan daya rekat yang lebih kuat sering digunakan sebagai perekat antara berbagai bahan bangunan seperti merekatkan ubin keramik ke dinding atau merekatkan batu bata yang ditumpuk menjadi satu.

Jenis semen instan yang digunakan perlu diperhatikan karena memiliki kekuatan rekat yang berbeda, sehingga harus dipastikan bahan yang direkatkan tidak mudah retak.

Keunggulan Semen Instan

Semen instan tidak memerlukan bahan tambahan seperti pasir untuk membuat campuran semen seperti jika menggunakan semen biasa.

Cukup campurkan semen instan dengan air, aduk, dan semen siap digunakan. Membangun rumah juga akan menghemat waktu.

Semen instan mengandung banyak aditif berkualitas yang membantu semen untuk mendapatkan daya rekat yang lebih kuat sehingga bangunan menjadi lebih kuat.

Tak heran jika semen instan sangat banyak dijumpai pada pembangunan gedung bertingkat.

Selain itu, campuran homogen yang lebih baik membuat hasil akhir semen instan lebih halus, estetis, dan rapi jika dibandingkan dengan menggunakan semen biasa.

Campuran homogen pada semen instan juga mampu meminimalisir kemungkinan munculnya retakan rambut dan retakan lainnya yang sering dijumpai pada campuran semen biasa yang tidak maksimal.