Kelebihan Semen Instan

Salah satu yang dibutuhkan dalam pembangunan rumah adalah semen. Biasanya orang menggunakan semen instan agar bisa langsung digunakan tanpa perlu diberikan tambahan material atau bahan campuran lainnya.

Bahan Pembuatannya

Seperti pada umumnya semen ini digunakan saat Anda memasang batu bata, plester, keramik, aci dinding hingga batu instan. Adapun perbedaan antara semen instan dengan semen secara konvensional terletak pada bahannya. Dimana pada semen instan sudah dicampur dengan beberapa bahan.

Bahan yang digunakan dalam campuran tersebut adalah semen portland sebagai bahan pokoknya dan tambahan dengan pasir putih. Yang mana fungsi dari pasir tersebut untuk menguatkan semen.  Selain pasir putih semen tersebut juga akan ditambahkan beberapa campuran lain seperti kapur (CaCO3) dan bubuk kapur.

Fungsi dari kapur serta bubuk kapur ini untuk mengisi celah maupun pori-pori yang akan muncul pada campuran pasir serta portland. Oleh karenanya adukan pada semen ini lebih padat dari semen konvensional pada umumnya.

Menggunakan berbagai campuran bahan tersebut, maka disaat Anda akan menggunakan Anda tidak perlu lagi memberikan campuran dengan bahan lain. Selain itu pada proses produksinya semen ini menggunakan teknologi yang sudah modern dan menggunakan sistem pengolahan dari komputer.

Kelebihan Semen Instan

Semen instan Mortar Nasional

Jika semen ini dibandingkan dengan semen konvensional maka pada penggunaan semen  instan terdapat beberapa kelebihan. Adapun beberapa kelebihannya akan dipaparkan dalam uraian berikut ini.

  • Lebih Praktis Pada Penggunaannya

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya bahwa penggunaan semen ini sangat praktis sebab Anda tidak perlu mencampurnya dengan bahan lainnya.

  • Kualitas Semen yang Baik

Pada proses pembuatan semen ini telah menggunakan teknologi modern. Sehingga dapat dipastikan bahwa kualitasnya juga tetap terjamin baik dan pastinya tidak akan berubah-ubah. Sebab sudah dilakukan standarisasi menggunakan komputer.

  • Hemat Biaya dan Waktu

Selain itu saat digunakanpun pada proses pengerjaannya juga lebih cepat, jadi Anda tidak perlu membayar tukang bagunana dalam jangka yang lama. Jadi Anda lebih hemat pengeluaran.

  • Memiliki Daya Rekat yang Lebih Tinggi

Pada semen instan terdapat zat aditif sebagai salah satu bahan campurannya. Hal ini berfungsi sebagai salah satu cara menjaga agar kualitas tetap baik. Selain itu juga agar daya rekatnya semakin kuat.

  • Semen mudah digunakan

Cara penggunaan dari semen ini sangat mudah sebab Anda hanya perlu menambahkan air saja. Adapun perbandingan yang tepat untuk adonan pada campuran air dan semen ini adalah 1:2 atau air 1 dan semen 2. Namun perbandingan sedemikian ini bisa diubah dan disesuaikan tergantung dengan akan digunakan sebagai bahan untuk apa.

Tetapi yang jelas perubahan pada kadar percampuran air dan semen tidak berpengaruh pada hasilnya terutama pada daya tahan serta kerasnya semen. Jadi, Anda bisa memperhitungkan sendiri mengenai hal ini.

Kekurangan dari semen Instan

Adapun kekurangan pada produk ini tidak sebanyak kelebihannya. Yang jelas dari segi harga semen ini memang lebih mahal jika dibandingkan dengan semen konvensional. Jadi, untuk ini pilihan tergantung Anda lebih memilih harga mahal dengan kualitas dan kelebihan yang banyak atau harga murah dengan kualitas yang biasa.

Demikian itu beberapa ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan saat memutuskan untuk menggunakan produk dari semen instan dari pada menggunakan semen konvensional. Sehingga Anda bisa memilih dengan bijak saat ingin membuat dan menentukan bahan dasar bangunan Anda.