Apa yang dimaksud dengan semen instan?

Semen instan

Ketika ingin membangun rumah atau bangunan lainnya maka semen merupakan salah satu material sangat penting. Tahukah anda bahwa ternyata ada beberapa jenis semen yang digunakan untuk kebutuhan yang berbeda juga. Semen merupakan material berbentuk serbuk yang pada dasarnya terbuat dari campuran kapur dan material lainnya. Lalu pernahkah anda mendengar pembangunan menggunakan semen instan? Berikut penjelasannya.

Apa yang dimaksud dengan semen instan?

Semen instan merupakan semen yang biasa yang langsung digunakan tanpa perlu diberi tambahan bahan atau material lain contohnya seperti pasir, batu dan sebagainya. Dan pada umumnya biasa  digunakan untuk memasang batu bata, aci dinding dan plester keramik. Untuk proses produksinya semen instan ini memakai teknologi modern dan menggunakan sistem komputer yang canggih. Karena semakin majunya perkembangan teknologi sehingga bahan bangunan pun ikut bertransformasi bahkan menciptakan berbagai bahan bangunan baru yang sangat bermanfaat serta mampu mengatasi berbagai permasalahan dalam membangun sebuah rumah.

Baca Juga  Apa Saja Keuntungan Memakai Semen Instan untuk Merenovasi Rumah?

Dan salah satunya adalah semen instan. Dan apa yang membuat bahan bangunan ini lebih unggul dibandingkan menggunakan semen biasa? Ada baiknya anda yang ingin menggunakan semen instan mengetahui terlebih dahulu apa itu semen instan. Semen instan adalah bahan bangunan yang biasa dikenal juga dengan nama mortar. Merupakan semen yang mudah untuk digunakan. Semen instan ini cukup dicampur air saja dan semen siap untuk digunakan.

Untuk semen instan ini memiliki daya rekat yang sangat kuat dan sering digunakan sebagai perekat antara berbagai material bangunan seperti untuk menempelkan ubin keramik ke dinding atau merekatkan batu bata yang ditumpuk.  Perlu diperhatikan jenis semen instan biasa digunakan karena memiliki daya rekat dengan kekuatan yang berbeda-beda sehingga harus dipastikan kembali bahwa material yang direkatkan tidak mudah retak.

Baca Juga  Tips Menggunakan Semen Mortar Dan Batu Bata Ringan Untuk Bangunan

Dan semen instan juga tidak memerlukan tambahan bahan seperti pasir. Dan jika anda menggunakan semen instan anda  cukup mencampurkannya dengan air lalu aduk dan semen sudah siap untuk digunakan. Dan Membangun rumah pun akan lebih hemat waktu.

Inilah cara tepat menggunakan semen instan dalam pembangunan

Tahukah anda bahwa ada takaran khusus jika ingin membuat suatu adukan yang berbahan dasar semen instan baik itu untuk plesteran, acian, ataupun beton. Karena jumlah takaran antara semen instan dan air yang akan dipakai sangat berpengaruh terhadap tingkat kekerasan serta daya tahan  dari struktur yang dibuat. Jangan pernah mencampurkannya dengan sembarangan atau dengan memakai feeling karena pasti hasilnya tidak akan sesuai dengan yang seharusnya.

Perbandingan yang baik dan benar antara jumlah semen instan dan air yang akan dipakai untuk membuat sebuah adukan yaitu 2:1. Komposisi ini bisa anda diubah sesuai dengan jenis pekerjaan yang sedang dilakukan. Contohnya penggunaan air untuk adukan semen plesteran dinding kamar mandi dapat anda kurangi supaya meningkatkan ketahanan lapisan plester sehingga tidak mudah terjadi kebocoran.

Baca Juga  Tips Memilih Semen Mortar untuk Plester

Dalam pengaplikasiannya adukan semen instan yang sudah selesai dibuat tidak langsung bisa langsung diaplikasikan. Diperlukan tahapan khusus supaya adukan tadi bisa menempel dengan sempurna. Sebagai contoh jika anda ingin memplester dinding maka pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi dinding tersebut sudah dalam keadaan yang lembab. Anda juga bisa menyiram dinding menggunakan air secukupnya lalu kemudian menunggu beberapa saat sampai kondisi dinding yang semula basah menjadi lembab.

Sangat baik jika anda ingin membangun rumah mulai menggunakan semen instan agar lebih kokoh dan kuat nantinya.