Apa Saja Keuntungan Memakai Semen Instan untuk Merenovasi Rumah?

Semen instan merupakan material bahan bangunan yang siap pakai, di mana dalam pembuatannya hanya memerlukan air sebagai bahan campurannya. Karena semen instan sudah diberi tambahan material lain, seperti pasir, batu, dan sebagainya, maka penggunaan semen instan ini juga cocok untuk Anda yang sedang ingin menggunakan semen namun tidak dalam jumlah yang banyak.

Contohnya untuk merenovasi rumah, untuk kerusakan-kerusakan kecil yang bisa ditangani sendiri, pasti Anda akan berpikir untuk memperbaikinya sendiri. Anda bisa memakai semen instan ini untuk merenovasi rumah Anda. Menarik, bukan?

Keuntungan Menggunakan Semen Instan saat Renovasi Rumah

Dalam pembuatan semen instan, bahan-bahan campurannya diaduk menggunakan mesin dan dikontrol menggunakan mesin juga. Sehingga, komposisi bahan semen instan, seperti pasir silika, semen, filler, dan aditif dapat dipastikan akan tercampur rata dan sempurna. Takarannya pun sudah ditentukan, sehingga Anda tidak perlu lagi pusing-pusing mengatur takaran bahan campuran untuk membuat semen.

Baca Juga  Cara Pemakaian Semen Mortar Yang Tepat dan Benar

Keuntungan lainnya adalah semen instan ini sangat praktis untuk Anda gunakan. Anda tidak perlu menambahkan bahan lain, hanya menambahkan air pada semen instan, semen pun siap Anda gunakan. Anda pun bisa memilih spesifikasi semen yang dimaksud untuk kebutuhan Anda.

Semen instan ini sudah ditambahkan filler dan bahan aditif, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan munculnya retak dinding, retak rambut, atau acian dengan tekstur kasar. Selain itu, semen instan ini juga bersifat elastis, menyesuaikan dengan temperatur atau suhu udara di sekelilingnya, sehingga efek terhadap muai susut bangunan akan menjadi lebih rendah.

Kemudian, semen instan ini bisa digunakan untuk memudahkan proses finishing pada sebuah bangunan. Selain itu, penggunaan cat pada dinding juga dapat dihemat, bahkan dinding juga tidak harus diplamir terlebih dahulu. Jadi, Anda bisa langsung mengamplasnya, kemudian Anda lapisi cat dengan warna yang Anda inginkan.

Cara Pemakaian Semen Instan

Baca Juga  Tips Memilih Semen Mortar untuk Plester

Untuk pemakaiannya, semen instan hanya membutuhkan air untuk bahan campurannya. Ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk memakai semen instan ini.

Pada cara pemakaiannya, yang perlu diperhatikan adalah rasio atau perbandingan takaran antara jumlah air banding jumlah semen instan. Karena itu, takaran antara semen instan dan air sangat berpengaruh terhadap tingkat kekerasan adonan yang nantinya dapat berpengaruh juga pada kualitas daya tahannya terhadap struktur bangunan.

Dalam merenovasi rumah, misal untuk membuat plesteran dinding kamar mandi, pasti memerlukan kekuatan lapisan plester yang baik agar tidak terjadi rembesan atau kebocoran pada dinding. Dalam hal ini, perbandingan yang digunakan akan lebih besar.

Yang perlu diperhatikan, pada bagian ini, akan ditemukan beberapa kesalahan dalam pencampuran semen instan dan air. Akibat yang bisa muncul adalah tidak sesuainya adonan semen yang dihasilkan. Bisa jadi terlalu cair atau terlalu keras.

Pencampuran bahan pun takarannya harus benar-benar disesuaikan dengan jenis kebutuhan Anda. Seperti untuk merenovasi kamar tidur, kamar mandi, atau dinding luar rumah, tentunya kualitas adonan semen yang dibutuhkan akan berbeda-beda. Poin inilah, yang bisa Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum memulai merenovasi rumah menggunakan semen instan.

Baca Juga  Tips Menggunakan Semen Mortar Dan Batu Bata Ringan Untuk Bangunan

Pemesanan Semen Instan melalui Mortar Nasional

Jika Anda penasaran lebih lanjut mengenai semen instan ini, Anda bisa mengunjungi situs kami, monas.co.id, untuk mengetahui apa saja produk semen instan yang ada di pasar. Dari sini Anda juga bisa mencari-cari jenis semen instan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah Anda menemukan semen instan yang Anda inginkan, Anda bisa menghubungi nomor yang tertera pada setiap halaman produk untuk melakukan proses pemesanan. Jika Anda sulit menemukannya, Anda bisa mengeklik tombol bergambar telepon di pojok kanan bawah untuk menghubungi kami lebih lanjut via Whatsapp.