Apa Saja Jenis-Jenis Mortar?

Pernah mendengar tentang semen instan atau mortar? Ya, mungkin untuk Anda yang saat ini tinggal di wilayah perkotaan, salah satu material bangunan ini tidak asing lagi di telinga Anda. Karena mortar sendiri sering digunakan untuk mengganti semen konvensional bagi para pemilik rumah maupun para pengembang.

Mortar sendiri memiliki beberapa keuntungan, seperti dalam hal kepraktisan, kemudahan, dan kualitasnya. Karena hanya butuh air sebagai bahan campuran, semen instan banyak diminati untuk kontruksi bangunan seperti apartemen dan rumah, atau bahkan untuk sekadar merenovasi rumah dan memperbaiki kerusakan pada rumah.

Nah, mortar sendiri dibagi menjadi 5 jenis dengan perbedaan penggunaannya. Berikut akan kami berikan penjelasan singkat mengenai jenis-jenis mortar.

Empat Jenis Mortar yang Harus Anda Ketahui

Meski semen instan atau mortar ini memiliki cara pemakaian yang mirip, namun mortar dibagi menjadi 5 sesuai dengan kebutuhan atau kegunaannya. Berikut penjelasannya.

1. Thin bed Mortar (Perekat Bata Ringan)
Untuk jenis yang satu ini, yakni mortar bata ringan, bisa disebut oleh pekerja bangunan atau mandor sebagai lem hebel atau perekat bata ringan. Mortar yang satu ini dibuat dengan komposisi yang tepat dari perpaduan material pilihan, yaitu pasir, semen, dan aditif melalui proses produksi yang canggih agar bisa tercampur homogen.
Jika dibanding dengan semen konvensional, penggunaan mortar yang satu ini tingkat efisiensinya sangat tinggi. Biasanya para pekerja bangunan hanya cukup mengoles tipis mortar ini untuk bisa merekatkan bata ringan, yang berbeda dengan semen konvensional yang harus mengoles lebih tebal agar bisa merekatkan bata merah.

Baca Juga  Semen Mortar Instan untuk Mempercantik Dinding Rumah

2. Plaster Max atau Plester Dinding
Mortar plester dinding ini bisa digunakan untuk memplester dinding bata ringan, bata merah, atau batako.
Mortar yang satu ini memiliki daya rekat yang tinggi saat diaplikasikan. Selain itu, adukan terasa ringan sehingga dapat lebih menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Hasil dindingnya pun akan lebih rapi, kuat, dan rata karena ketebalan perekatan bisa setebal 10 mm. Dan, plester dinding ini dapat digunakan pada mesin semprot atau spray supaya lebih efektif.

3. Skim Coat atau Pelapis Dinding
Selanjutnya adalah Skim Coat atau Pelapis Dinding, merupakan semen instan atau mortar yang diaplikasikan untuk permukaan dinding plesteran maupun beton pada eksterior maupun interior.
Mortar pelapis dinding milik Mortar Nasional didesain guna mencegah penguapan air secara cepat, sehingga adukan tidak mudah mengeras. Selain itu, mortar ini tidak menyerap bahan cat sehingga menghemat penggunaan cat serta biaya pemeliharaan.
Anda juga tidak perlu khawatir akan munculnya retak rambut pada dinding, karena mortar ini dapat menghindari terjadinya hal tersebut. Juga, produk mortar ini tidak menggunakan kompon sebagai dasar pengecatan.

Baca Juga  Tips Mudah Beli Mortar Instan Secara Online

4. Tile Adhesive atau Pemasang Keramik
Semen instan yang satu ini digunakan untuk pemasangan keramik pada dinding serta lantai.
Karena memiliki daya rekat yang tinggi, hasil yang muncul akan rapi, kuat, dan rata, serta mudah dalam pengaplikasiannya. Adukan tidak akan cepat mengering, sehingga mempermudah dalam aplikasi. Mortar ini juga dapat mencegah terjadinya terangkatnya pasangan keramik lantai dan tahan terhadap pemuaian serta penyusutan.

5. Tile on Tile Adhesive atau Perekat Keramik di Atas Keramik
Semen instan atau mortar ini digunakan pada pekerjaan pemasangan keramik di atar keramik yang telah terpasa pada dinding serta lantai. Dengan mortar ini, Anda tidak perlu membongkar keramik yang lama untuk memasang keramik yang baru. Pemasangannya pun sangat mudah.
Karena praktis, sehingga bisa menghemat biaya dan waktu.

Baca Juga  Cara Pemakaian Semen Mortar Yang Tepat dan Benar

Pemesanan Mortar di Mortar Nasional

Untuk pemesanan, Anda bisa melihat-lihat terlebih dahulu produk-produk kami di menu “Produk”. Apabila Anda mengeklik pada salah satu menu di “Produk”, akan muncul halaman yang berisikan tentang informasi mengenai produk yang Anda pilih.

Jika Anda ingin memesan, Anda bisa menghubungi nomor yang tertera pada setiap halaman produk. Nanti kami akan menghubungi Anda kembali agar bisa melakukan proses pemesananan, hingga selesai.
Apabila Anda tidak menemukan nomor tersebut, Anda bisa mengeklik pada gambar telepon di pojok kanan bawah untuk menghubungi kami lebih lanjut via Whatsapp.