6 Alasan Menggunakan Semen Instan Atau Mortar

Semen adalah bahan utama dalam konstruksi bangunan. Fungsi semen sendiri sebagai perekat bahan bangunan lainnya seperti beton, batu bata atau batu. Saat ini banyak sekali yang menggunakan semen instan atau biasa dikenal dengan mortar. Ada banyak alasan menggunakan semen instan ketimbang semen biasa.

Jenis semen ini sendiri terdiri atas campuran bahan berupa pasir, zat adiktif, filter, semen dan komposisi tertentu. Kelebihan dari jenis semen ini bisa pula Anda simak sebagai berikut :

  1. Hemat Biaya dan Waktu

Salah satu alasan menggunakan semen instan diantaranya adalah irit waktu. Paling tidak Anda bisa menghemat 30 persen waktu Anda lebih cepat dibandingkan memakai semen biasa. Dalam pembuatan semen biasa perlu penambahan bahan tertentu sehingga menambah waktu pengerjaan.

Berbeda dengan semen instan yang hanya membutuhkan penambahan air dalam pengaplikasiannya.  Semen instan hanya perlu diaduk dengan air lalu sudah siap untuk dijadikan sebagai perekat.

Sementara dalam membuat semen biasa Anda perlu melewati tahapan pengeringan, penggilingan hingga pembentukan klinker. Kira-kira ada lima tahapan yang perlu dilewati jika memakai semen konvensional.

Dari segi biaya lebih terjangkau memakai semen mortar dibanding konvensional. Bahan yang Anda butuhkan hanya air. Sementara semen biasa membutuhkan banyak sekali bahan pendukung agar bisa diaplikasikan,

Baca Juga  Tips Menggunakan Semen Instan Mortar Dengan Benar

Saat menggunakan semen instan ada baiknya melakukan kalkulasi penghitung semen. Dengan begitu Anda bisa memperhitungkan kebutuhan semen yang tepat untuk bangunan yang sedang dibangun.

  1. Mudah Disimpan

Kelebihan dari jenis semen ini adalah kemudahan dalam penyimpanan ketimbang semen konvensional. Semen jenis ini umumnya disimpan dalam bentuk sak sehingga Anda bisa menatanya secara rapi.

Menggunakan semen instan juga membuat area proyek menjadi lebih bersih. Pasalnya tidak akan ada bahan bangunan yang berserakan seperti pasir atau kerikil yang umumnya digunakan dalam membuat semen konvensional.

Lingkungan kerja yang rapi dan bersih juga meningkatkan kinerja pegawai di sekitarnya. Pekerjaan bisa diselesaikan secara cepat dan teratur. Penyimpanan semen instan juga tak butuh tempat yang terlalu luas karena dapat disusun secara vertikal.

  1. Mudah Diaplikasikan

Alasan menggunakan semen instan lainnya adalah kemudahan pengaplikasian. Jenis semen ini tak perlu Anda tambahkan bahan lainnya. Kepraktisan menjadi jaminan dalam menggunakan mortar. Anda bisa pula mengaplikasikan ke berbagai jenis bangunan mulai dari rumah hingga bangunan bertingkat.

  1. Daya Rekat Tinggi

Keunggulan lainnya dari semen ini adalah memiliki daya rekat tinggi. Biarpun instan namun hasil rekatnya kuat sama halnya memakai semen konvensional. Kualitas Terjamin

Baca Juga  Mengenal Semen Instan Monas 138 ThinBed

Bila memakai mortar maka kualitas dari perekat jauh lebih baik dan konsisten. Hal ini karena penyusun semen instan sendiri didukung oleh tenaga ahli di bidangnya. Mutu produknya tentu terjamin.

Apabila menggunakan semen konvensional ada kemungkinan takaran tidak sesuai sehingga hasil semen tidak sama satu dengan lainnya. Alhasil semen yang dihasilkan pun tidak homogen.

Daya rekat yang tinggi dan kuat juga mendukung kekokohan bangunan serta menghindari kebocoran atau retakan pada bangunan. Mortar memiliki ketahanan yang lebih baik bahkan terhadap kadar sulfat yang tinggi.

  1. Hasil Akhir Rapi

Dikarenakan sudah ada standarnya maka hasil dari mortar lebih rapi. Hasil akhirnya lebih estetis dan rapi. Alasan menggunakan semen instan adalah mampu menghasilkan plesteran yang lebih halus ketimbang semen biasa.

Mortar didukung dari penggunaan material yang memakai campuran berstandar tinggi. Apabila memakai semen konvensional tekstur plesteran tak jarang kurang halus.

Hal ini bisa disebabkan kurang halusnya proses penggilingan campuran semen. Adapun resiko bahan yang belum tercampur dengan benar namun sudah diaplikasikan sebagai plesteran.

  1. Tersedia Dalam Berbagai Pilihan
Baca Juga  SEMEN MORTAR MONAS 580, PILIHAN TEPAT UNTUK KERAMIK YANG LEBIH KUAT

Kelebihan lainnya dari mortar adalah memiliki banyak sekali pilihan. Salah satunya yang disediakan oleh semen Monas. Terdapat lima jenis mortar yang dimiliki semen Monas diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Monas 138  atau biasa dikenal sebagai ThinBed. Jenis semen ini biasa dipakai untuk bata ringan dengan ketebalan 3 mm.
  • Monas 238 disebut pula dengan Plaster Max. mortar ini biasa dipakai pada plesteran dinding. Umumnya juga digunakan untuk pemasangan bata ringan serta bata merah
  • Monas 338 dikenal pula dengan sebutan Skim Coat yang dipakai sebagai pelapis dinding. Anda bisa menggunakan semen ini untuk pelapis beton.
  • Monas 538 atau sering dikenal sebagai Tile Adhesive. Semen ini dipakai untuk pengerjaan pemasangan keramik pada dinding maupun lantai bangunan
  • Monas 580 atau Tile on Tile Adhesive digunakan untuk Homogenous Tile yakni pemasangan keramik di atas keramik

Semen Monas hadir dengan standar kualitas tinggi dan telah lulus hasil uji oleh Puslitbang kementerian PUPR. Anda bisa menyimak hasil ujinya pada nomor laporani : 139-B/LHU/Lb-14/2019.

Itulah beberapa alasan menggunakan semen instan. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda kedepannya.